Institut Seni Indonesia Denpasar menjajaki kerjasama dengan Kalasin College of Dramatic Arts, Thailand

Institut Seni Indonesia Denpasar menjajaki kerjasama dengan Kalasin College of Dramatic Arts, Thailand

Sumber : Humas ISI Denpasar

Foto Bersama ISI Denpasar &
Kalasin College of Dramatic Arts

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menjajaki kerjasama dengan Kalasin College of Dramatic Arts, Thailand untuk pertama kalinya. Kerjasama itu sekaligus menjadi serangkaian kerjasama ISI Denpasar dengan belasan perguruan tinggi di Thailand, yang akan terus bertambah.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Denpasar, Dr. I Komang Sudirga, S.Sn., M.Hum, di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, Rabu (27/3) menyampaikan, kerjasama yang dijajaki kedua belah pihak nantinya akan terkait dengan Tri Dharma Perguruan tinggi,  yakni di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Ini adalah kunjungan pertama mereka ke ISI Denpasar. Mereka, perguruan tinggi asal Thailand lainnya memang memiliki antusias yang tinggi bekerjasama dengan kita. Mereka sangat ingin mengetahui Bali sebagai pulau surga dunia, melihat kekayaan kita. Dan, ini menjadi kesempatan yang baik untuk saling bertukar kebudayaan,” ungkapnya.

Dalam bidang pendidikan, kerjasama itu akan dilanjutkan dengan program exchange, baik berupa pertukaran mahasiswa kedua belah pihak maupun pertukaran dosen. Dengan pola seperti itu diharapkan akan mampu memberikan pengalaman yang lebih komprehensif  pada dua belah pihak.

Pada bidang penelitian, keduanya juga akan melakoni serangkaian seminar-seminar bersama, yang diharapkan dapat menopang jumlah publikasi terakreditasi nasional dosen-dosen ISI Denpasar.

“Kita melihat Thailand merupakan negara yang konsen memajukan dunia pendidikan. Melalui kerjasama ini, nantinya kita harapkan akan bisa memacu terbitnya jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi scopus yang tengah didorong di tataran dosen. Hal itu nantinya akan terwujud melalui seminar-seminar internasional bersama di sana,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubbag Kerjasama dan Humas ISI Denpasar, Ni Komang Artini,SS menjelaskan, kerjasama ini sejatinya sudah lama diharapkan oleh Kalasin College of Dramatic Arts. Mereka memiliki keinginan yang tinggi untuk memperkenalkan kesenian Thailand di Pulau Dewata, termasuk nantinya belajar kebudayaan Bali.

“Pada kunjungan ini mereka mengajak rombongan yang berjumlah 18 orang, yang dipimpin Direktur Kalasin College of Dramatic Arts Thailand, Chamroen Kaewpengkro. Selain menggelar workshop, mereka juga mementaskan pertunjukkan seni tari, musik, dan vokal khas Thailand,” pungkasnya.


Comments are closed.