ISI DENPASAR MEMPERINGATI HARI TARI SEDUNIA

ISI DENPASAR MEMPERINGATI HARI TARI SEDUNIA

Gambaran Umum

Masyarakat dunia memeringatinya sebagai World Dance Day atau Hari Tari Sedunia yang telah diperkenalkan oleh Badan Dunia PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) sejak tahun 1982.

Dalam Rangka memperingati hari tari sedunia ( World Dance Day) yang jatuh setiap tanggal 29 April, ISI Denpasar menyelenggarakan sebuah event Seni Pertunjukan yang meriah dengan TEMA: Celebrating Humanity (Menghargai Manusia dan Rasa Kemanusiaan). Dipilihnya tema ini bercermin dari fenomena pertentangan antar umat manusia yang dipicu isu Suku, Agama, Ras dan Golongan. ISI Denpasar ingin tampil sebagai corong utama gema perdamaian yang diekspresikan melalui Olah Seni.

Pemaknaan terhadap kondisi dan potensi peserta didik yang menitikberatkan pada pengembangan minat, bakat, dan kompetensi, serta potensi sumber daya di lingkungan masyarakat menjadi faktor penentu dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa yang dapat menghasilkan karya seni secara kreatif, inovatif, dan profesional. Melalui pentas Seni Pertunjukan memperingati hari tari sedunia dapat menumbuhkembangkan potensi mahasiswa dan potensi sumber daya di lingkungan masyarakat serta bertujuan regenerasi penari.

Peserta

Pelaksanaan Peringatan Hari Tari se-Dunia dimotori Rektor ISI Denpasar yang secara teknis ditangani Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar. Peserta yang berpartisipasi, adalah Fakultas Seni Pertunjukan berjumlah 200 orang; Sanggar Seni Tari (50 orang anak-anak/remaja); mahasiswa asing/darma siswa ISI Denpasar 15 orang. Panitia pelaksana berjumlah 30 orang dan dosen pembimbing/pembina berjumlah 5 orang. Jumlah terlibat dalam kegiatan Hari Tari Se-dunia ini adalah 300 orang.

Penerima Manfaat

Penyelenggaran Hari Tari SeDunia ini, manfaatnya bagi ISI Denpasar adalah dapat dijadikan sebagai upaya pelestarian seni budaya berbasis kearifan lokal berwawasan universal. Bagi peserta, peringatan hari tari se-dunia ini dapat megembangkan diri ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian manusia dalam menciptakan dan mempresentasikan beragam gagasan ke dalam berbagai bentuk karya seni dan mempertanggungjawabkan secara etik, moral, dan akademik.

Jadwal

NO HARI/TGL/

PUKUL

TEMPAT KEGIATAN PESERTA PENANGUNGJAWAB/

PEMANTAU

1 Sabtu/29 April/07.00-8.00 Wita Di Gedung Terbuka ISI Dps Pembukaan (ditandai pementasan Masiswa Tari) Seluruh keluarga FSP dan ISI Dps HMJ Tari, Senat, BPM/ Fakuktas
2 Sabtu/29 April/8.00-11.00 Wita Pawai  dari ISI Dps, Display

1. Di Banjar Abian Kapas Kaja

2. Di Banjar Abian Kapas Tengah

3.Di Art Center/ Gedung Terbuka/depan Ksiarnawa

4. Kembali ke ISI

 

Pawai HMJ Tari (60 orang) HMJ Tari, Senat, BPM/ Fakuktas
2 Sabtu/29 April/16.00-18.00 Wita Art Center dan Kampus ISI Denpasar 1.Pementasan Karya Koreografi Lingkungan

 

2.Pementasan tari oleh anak-anak  50 orang

 

 

 

Mhs Smt VI Tari.

( 4-5 terbaik) 40 orang

 

Kolaborasi Sanggar Tari Bu Dayu Arya dan Sanggar Tari  Pak Wayan Sutirta

HMJ Tari, Senat, BPM/ Fakuktas

 

 

 

Fakultas

 

3 Sabtu/29 April/19.00-23.00 Wita Gedung Natya ISI Dps 1.Kolaborasi Tari Etnik

 

2.Penampilan Garapan Senat Mhs  FSP  (45 menit)

 

Mhs  Darma Siswa (15 orang)

Gabungan mhs 5 Prodi di FSP (100 orang)

 

 

Fakultas

 

 

HMJ Tari, Senat, BPM/

 

 

 

Comments are closed.